Breaking News
recent
loading...

3 Kesalahan Desain Blog Yang Mengakibatkan Jumlah Pengunjung Turun

Pengunjung merupakan harta yang tak ternilai bagi seorang blogger. Pengunjung inilah yang bisa membuat blog/ website menjadi berkualitas, dan bisa jadi sebagai sumber penghasilan. Berdasarkan hasil blogwalking dan analisis saya sendiri, ternyata cukup banyak blogger yang membuat kesalahan dengan mengabaikan kenyamanan pengunjung. Dalam artikel ini, saya akan mencoba merangkum beberapa kesalahan para blogger dalam mendesain blog, memasang widget ataupun menambahkan fitur blog yang bisa mengakibatkan jumlah pengunjung berkurang.

Jumlah Pengunjung Turun


Mendisable klik kanan tanpa menyediakan alternatif lain

Saya perhatikan sekarang banyak blogger yang menggunakan fitur anti klik kanan di blognya. Tujuan utama yang saya perhatikan mungkin adalah untuk mencegah adanya copy paste artikel. Sebenarnya disable klik kanan tidak menjamin aman dari copy paste. Salah satu kerugian disable klik kanan dapat menyebabkan visitor turun. 

Lagipula biasanya pengunjung melakukan klik kanan bukan hanya untuk copy paste artikel, termasuk saya sendiri. Kalau saya melakukan klik kanan biasanya untuk membuka link dengan fitur open link in new tab ( buka link di tab baru). Kadang saya sendiri merasa kesal jika tidak bisa melakukan klik kanan. Padahal maksud saya adalah untuk membuka tab baru, dan mungkin bukan saya saja yang mengalami kegalauan ini mungkin pengunjung lain juga sama. 

Seharusnya jika pemilik blog mengaktifkan disable klik kanan, maka mereka harus mengatur link agar terbuka di jendela baru jika diklik pengunjung. Jika pengunjung melakukan klik kiri tapi tidak terbuka di halaman baru, maka pengunjung akan kehilangan informasi yang berada di halaman sebelumnya. Dan seandainya hal ini berlangsung terus menerus maka pengunjung akan menjadi bosan dan meninggalkan blog anda. Memang ini sepenuhnya menjadi hak blogger dalam memanage blognya, tapi sangat disayangkan jika blog / website yang mempunyai konten bagus dan berkualitas tapi menyebabkan pengunjung tidak nyaman, dan lama-lama blognya akan ditinggalkan pengunjung.

Alternatif lain yang harus kamu lakukan jika melakukan disable klik kanan adalah dengan mengatur link di dalam konten agar terbuka di jendela baru.

Disable block (tidak bisa diblok)


Disable block juga mungkin menjadi alasan untuk para copasser melakukan copy paste. Bagi blog berkategori umum ini tidak menjadi masalah. Tapi masalah akan muncul bagi blog yang berisikan tutorial blog. Kenapa demikian? Anda bayangkan saja jika si empunya blog menyajikan tutorial lengkap dengan menyertakan kode-kode html/javascript untuk edit template atau apa gitu tapi waktu kita mau mengkopy kode tersebut kita tidak bisa. Percuma dong ngasih tutorial blog tapi bagian pentingnya tidak bisa dicopy pengunjung.
Blog Redirect otomatis ke ad.fly dan sejenisnya

Hal lain yang menyebabkan pengunjung tidak betah di blog adalah karena blog sering redirect otomatis ke situs lain, dalam hal ini contohnya adalah ke ad.fly dan dedengkotnya. Boleh-boleh saja anda mengumpulkan dollar dari blog, tapi bukan berarti harus menghalalkan segala cara sehingga mengorbankan kenyamanan pengunjung. Mungkin sobat pernah melihat blog yang loadingnya saja belum selesai tiba-tiba redirect ke ad.fly. mengesalkan bukan?

Memasang Like Box facebook  /iklan tanpa tombol close


Kalo saya pribadi jika menemukan blog yang menampilkan pop up like box facebook fan page tanpa tombol close, atau ada timer tapi waktunya sagat lama maka akan langsung saya tutup. Masih mendingan like box yang dipasang melayang tanpa tombol close tapi tidak mengganggu artikel atau konten. Biasanya untuk mengakses blog seperti ini, pengunjung diharuskan melakukan like terlebih dahulu ke fan page facebook si empunya blog. Sungguh sangat merepotkan bagi pengunjung. Toh sebenarnya pengunjung akan otomatis like fan page dengan sendirinya jika memang konten di dalam blog tersebut bermanfaat bagi pengunjung.

Itulah beberapa kesalahan blogger yang bisa mengakibatkan pengunjung berkurang. Jika anda tidak ingin kehilangan pengunjung, alangkah baiknya mulai mengatur desain blog agar terasa nyaman bagi si pembaca. Sebenarnya masih banyak yang mau saya sampaikan disini, tapi berhubung artikel ini sudah terlalu panjang , maka kapan-kapan akan saya lanjutkan dalam part II. Semoga penjelasan yang saya sampaikan bermanfaat bagi sobat blogger semua.

Terbuka net

Terbuka net

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.